Selasa, 10 April 2012

UNSUR-UNSUR KOHERENSI PARAGRAF DAN CONTOHNYA


1.      Ciri-ciri unsure koherensi:

No.
Nama Unsur
Ciri-ciri
1.
2.
3.

4.

5.

6.

7.

8.


9.

10.

11.

12.

13.
Penambahan
Repetisi
Pronomina

Sinonimi

 Totalitas-bagian

Komparasi

Penekanan

Lokasi-anggota


Kontras

Simpulan

Contoh    

Paralelisme

Waktu   
Terdapat konjungsi penambahan.
Terdapat kata yang diulang-ulangdalam sebuah paragraph.
Terdapat kata ganti untuk menyebutkan sesuatu hal atau orang.
Terdapat kata-kata yang berbeda, tetapi memiliki satu makna/persamaan makna.
Terdiri atas kalimat umum, kemudian diteruskan dengan kalimat-kalimat khusus.
Terdapat  kata-kata yang membandingkan antara sesuatu hal dengan hal lain.
Terdapat kata-kata yang ditekankan dalam kalimat untuk mendukung maksud yang ingin disampaikan.
Terdapat suatu kelas/kelompok-kelompok tertentu yang yang di dalamnya juga mempunyai beberapa anggota atau jenis-jenis tertentu.
Adanya pertentangan dari sesuatu yang ada/kebalikan dari sesuatu hal.
Adanya kata-kata yang mengacu kepada hasil dari sesuatu yang telah disampaikan/dibahas sebelumnya.
Adanya pemberian sesuatu yang dapat ditiru/sebagai panutan/pemisalan dari berbagai macam hal.
Adanya penggunaan kesejajaran kata-kata yang hampir  mirip.
Mengandung rentetan waktu




2.      Contoh paragraf yang dikembangkan dari masing-masing unsure pembangun koherensi :
a.       Penambahan
Andi dan Anto bermain bulu tangkis. Sedangkan adiknya bermain lompat tali, dan orang tua mereka membersihkan rumah, kegiatan seperti itu dilakukan ketika hari libur atau pada saat mereka sedang tidak ada kegiatan. Selain itu, keluarga mereka sangat harmonis dan bahagia.
b.      Repetisi
Dinda, memang engkau yang membuat hidup menjadi indah Dinda, dan hanya Dinda lah yang selalu aku sayangi. Dinda lah yang aku dambakan, Dinda lah yang aku impikan, dan Dinda lah yang selamanya di hatiku, yang akan aku jaga selalu. Dinda aku cinta kamu. Dinda aku akan setia padamu. Dinda, engkaulah yang sempurna untuk diriku selamanya Dinda.
c.       Pronomina
Aku adalah seorang mahasiswa IKI PGRI Semarang. Di sanalah setiap hari aku menuntut ilmu. Begitu pula Vita. Dia adalah teman baikku. Kami selalu bersama.
d.      Sinonimi
Malam itu, Dina datang ke rumahku. Dia memintaku untuk menemaninya pergi. Dia merengek-rengek dan mengiba padaku. Aku tidak tega melihatnya mengemis seperti itu. Akhirnya aku menurutinya setelah dia memohon dengan berkaca-kaca.
e.       Totalitas-bagian
Paman membeli sebuah rumah baru. Rumah itu terdiri dari 5 ruangan. Setiap ruangan terdapat perabot rumah tangga. Setiap perabot rumah tangga terdiri dari: kursi, meja, dan vas bunga.
f.       Komparasi
Ayahku membuat sebuah meja. Sama halnya dengan Pak Abdul, Ayahpun harus bisa membuat sebuah meja yang bagus. Meja pak Abdul sebentar lagi akan jadi. Mengapa kita tidak membantu ayah membuat hal yang serupa?
g.      Penekanan
Andi adalah anak dari seorang saudagar kaya. Jelaslah semua keinginannya terpenuhi dengan cepat. Sudah tentu hidupnya selalu terjamin.
h.      Lokasi-anggota
Suasana di jalan raya sangat ramai oleh alat transportasi. Ada angkutan umum yang sedang menunggu penumpang sampai penuh di pinggir jalan. Ada becak yang ngetem.
i.        Kontras
Dari mulai lahir Andi sudah cacat, tidak bisa berjalan seperti orang lain pada umumnya. Dia sering diejek dan dihina teman-temannya. Tetapi dia memiliki bakat dalam menulis. Dia selalu meraih juara satu ketika mengikuti lomba.
j.        Simpulan
Berdasarkan objek yang kami teliti, ternyata anak-anak yang tidak melanjutkan pendidikannya itu dikarenakan tidak sanggup membayar biaya sekolah. Dan oleh karena itu dalam mengatasi masalah ini perlu diadakan dana pendidikan gratis untuk anak-anak yang tidak mampu untuk pendidikan mereka.
k.      Contoh
Di Indonesia sekarang mendadak ramai dengan fenomena bermunculannya boyband-boyband remaja. Sebut saja: Sm*sh, Max5, Cool Colors, dan masih banyak lagi. Boyband-boyband tersebut begitu digandrungi oleh para remaja, terutama remaja putri. Kemunculan mereka seperti angin segar bagi perindustrian musik di negri ini yang memang sedang didominasi oleh band-band baru beraliran melayu, seperti: Wali, ST12, D’Bagindas, Kangen Band, dan band-band lainnya yang membuat jenuh para penikmat musik.

l.        Paralelisme
Hari itu aku menerima sebuah surat dari dia. Perlahan aku membuka amplop berwarna putih itu. Ku ambil lipatan kertas yang terselip di dalamnya. Dengan berdebar, aku membaca baris demi baris kalimat yang ditorehkan. Emosi tiba-tiba menyeruak memenuhi dadaku. Sesak. Panas. Dengan kalap aku menyobek kertas tersebut dan membuangnya kasar. Air mataku seketika keluar. Nanar, ku tatap sobekan kertas yang berserakan di depanku. Aku bergeming.
m.    Waktu
Pagi ini begitu cerah. Dengan cepat aku mengambil handuk dan menuju kamar mandi untuk mandi. Selesai mandi dan merapikan diri, aku menuju ke dapur. Setelah mengambil sarapan, aku berlari menuju ruang keluarga. Aku menghabiskan sarapanku sembari menonton acara music kesukaanku di televisi. Begitu acaranya selesai, aku disuruh ibu menyapu lantai rumah. Setelah menyapu, aku kembali menonton televisi. Yah begitulah kegiatanku jika hari libur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar